Ida Khamidah

Saya seorang guru SD Al-Fath Cirendeu, Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Liburan Mendadak ke Yogya (9)

#Tantanganmenulis60hari

#Tantangangurusianaharike-48

Liburan Mendadak ke Yogya (9)

Kebutuhan akan toilet menjadi hal yang penting dalam sebuah perjalanan panjang. Alhamdulillah, seat yang kami tempati tak begitu jauh darinya, hanya dijeda beberapa seat saja. Posisi yang strategis, kapan pun dibutuhkan tak akan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke sana.

“Toilet yang cukup nyaman”, aku berpendapat. Fasilitas yang cukup lengkap. Saat membuka pintunya, bayangan wajah akan terlihat dari pantulan cermin yang ada di hadapannya. Wastafel, tisu, sabun cuci tangan, dan tong sampah tampak berjejer rapi di posisinya. Hal yang terpenting lainnya adalah ketersediaan air bersih terus terjaga sampai perjalanan ini berakhir.

O, ya, kami juga berkenalan dengan tetangga seberang dari tempat duduk kami. Mereka juga ingin berlibur ke tempat yang sama. Mereka begitu ramah meladeni pertanyaan kami. Apalagi tingkah Si Ade yang suka mencuri perhatian. “Kak Afif”, ya, aku ingat sekali nama bocah yang bermain bersama Ade saat itu. Siswa kelas 2 SD itu bertubuh tinggi besar seperti sudah kelas 5 SD.

Waktu salat Zuhur telah tiba. Kami segera ke toilet untuk mengambil wudu secara bergantian. Kami melakukan salat jamak Zuhur dan Asar di dalam kereta. Kami sudah berkonsultasi kepada guru kami bagamana melakukan salat dalam kereta tersebut. Ini suatu bentuk keringanan ibadah bagi siapa saja yang menjalankan perjalanan seperti kami. Salat dalam perjalanan ini menjadi pengalaman spiritual yang berharga bagi kami. Kami dapat mengajarkan kepada siapa saja agar tidak meninggalkan salat dalam kondisi apa pun.

Awan kelabu menggelayuti siang itu. Terik mentari enggan menyapa kami. Begitu teduh. “Ini mendung” pikirku. Lantas aku pun berkelana ke facebook.

“ Gerhana matahari cincin” bunyi postingan salah satu teman di facebook, lengkap dengan gambar cahaya kuning melingkari lingkaran hitam

“ Oh, benarkah?” Aku bertanya pada diri sendiri. Rasa penasaran membawaku ke sebuah artikel di internet.

“Pantas saja mendungnya terasa lain, bukan mendung seperti mau hujan. Aku tak tahu informasi sepenting ini? Sayang sekali momen sebesar ini terlewatkan begitu saja”, pikiranku mengembara ke mana-mana. Kami berucap syukur kepada Allah atas kuasaNya.

Suara dari perut-perut kami kembali terdengar. Kami masih memiliki beberapa bekal yang dapat disantap siang itu. Namun, tawaran dari dua orang prami cantik yang melintas di gerbong membuat kami mengubah haluan. Beberapa makanan dan minuman kami pesan darinya. Nasi goreng dengan toping telor ceplok, teh panas, dan kopi panas membuat perut kami menjadi relaks.

Keheningan menyapa kami. Hembusan angin sepoi-sepoi dari pendingin kereta membuat kami larut dalam mimpi masing-masing siang itu. Membiarkan tubuh mengistirahatkan diri merupakan keputusan yang bijak. Perjalanan yang panjang masih menunggu kami.

Setelah cukup beristirahat, tubuh kami pun kembali berenergi. Si Ade pun kembali bertingkah menggemaskan. Tahu apa yang dia lakukan? Si Ade bermain mobil mainan duduk lesehan, di lantai sela-sela tempat duduk kami. Hehehe lucunya si ade. Saat itu, Ade baru hafal beberapa surat pendek, sehingga lantunannya terus-menerus ia kumandangkan. Aku membiarkannya, yang penting ade merasa senang apa yang dilakukannya.

Pamulang, 2 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu, sukses untuk Ibu

03 Jul
Balas

Terima kasih Pak Sunindio

03 Jul
Balas



search

New Post